Manfaat terbesar dari pelatihan VR untuk ruang kendali ini adalah mengefektifkan pengeluaran biaya perusahaan. Data juga menunjukkan bahwa karyawan dapat menyimpan lebih banyak informasi dalam waktu yang lebih singkat.

Virtual Reality (VR) dengan cepat menjadi solusi pelatihan yang praktis dan semakin banyak di manfaatkan oleh berbagai industri. Salah satu yang telah banyak penerapkan teknologi VR untuk mengefisiensikan pekerjaan adalah di bidang medis, pelatihan softskill karyawan, pelatihan pemadam kebakaran, hingga bidang pekerjaan di toko ritel seperti yang dilakukan oleh Walmart. Bahkan, pada kasus penembakan El Paso yang terjadi belum lama ini, banyak nyawa bisa terselamatkan berkat pelatihan VR cara menghadapi peristiwa kejahatan yang dilakukan oleh karyawan Walmart.

Ketika melakukan pelatihan untuk situasi berbahaya, VR memungkinkan Anda untuk belajar dan gagal tanpa takut akan konsekuensi di dunia nyata. Inilah sebabnya mengapa Fortum, salah satu perusahaan Pembangkit Listrik terbesar di Nordics, telah mulai menggunakan teknologi VR dan menerapkan pelatihan VR untuk ruang kendali Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di lokasi produksi Lovissa sebagai cara untuk melatih karyawan tentang cara menangani berbagai situasi yang berpotensi mematikan yang dapat terjadi dalam ruang kontrol .

pelatihan vr ruang kendali

Baca juga: 9 Game Simulasi Pelatihan, Mulai Dari Perawatan Kesehatan Hingga Menerbangkan Pesawat Jet

Program pelatihan VR akan menggunakan headset Varjo VR-1 untuk memberikan pelatihan mendalam untuk karyawan dengan skenario pembangkit listrik yang berkisar dari rutinitas kerja harian seperti monitor display, hingga keadaan darurat yang dapat mengancam jiwa.

Pengguna bisa membaca manual dan membedakan angka terkecil dari tampilan ruang kontrol selama simulasi VR. Tingkat perincian ini dimungkinkan berkat penggunaan rendering foveated dari Varjo, sebuah teknik yang mengurangi beban kerja rendering dengan melacak mata pengguna dan mengurangi kualitas visual dari segala sesuatu dalam penglihatan tepi mereka.

Manfaat terbesar dari pelatihan VR untuk ruang kendali ini adalah mengefektifkan pengeluaran biaya perusahaan. Dalam jangka pendek selama satu atau dua bulan mungkin manfaatnya belum bisa terlihat, tetapi dalam jangka panjang, bayangkan saja berapa banyak pengeluaran yang dapat diefisienkan. Pelatihan melalui VR lebih murah dibanding pelatihan di ruang fisik karena lebih banyak karyawan yang dapat dilatih dalam waktu singkat, selain itu tidak perlu lagi ada pengeluaran tambahan untuk peralatan dan kebutuhan pelatihan fisik lainnya.


Virtual Reality media pelatihan untuk efisiensikan pengeluaran perusahaan

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Selain itu ada manfaat yang sangat besar dari pelatihan VR untuk ruang kendali pembangkit listrik tenaga nuklir ini, yaitu ketepatan kerja. Ketepatan kerja sangatlah penting dalam bidang pekerjaan PLTN, karena kesalahan sekecil apa pun bisa jadi mahal dan memiliki dampak yang besar, dan bisa berpengaruh terhadap jutaan jiwa manusia. Oleh karena itu pelatihan yang dilakukan harus tepat.

Data juga menunjukkan bahwa karyawan dapat menyimpan lebih banyak informasi dalam waktu yang lebih singkat melalui pelatihan VR ini, dan membuka peluang untuk diskusi lanjutan dan peningkatan mutu pelatihan.