Salon Wella Professional kini telah mengembangkan sebuah cermin Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pelanggan untuk mencoba berbagai warna rambut secara realtime. Cermin ini memungkinkan pelanggan salon untuk secara virtual mencoba berbagai warna rambut untuk melihat warna apa sih yang sesuai dengan rambutnya, mencari inspirasi warna rambut, serta memastikan cocok atau tidaknya warna rambut yang sedang trend. Teknologi pengenalan wajah yang dimilikinya bisa dibilang sangat mumpuni karena perubahan warna hanya berpengaruh terhadap rambutnya saja dengan akurat.

Teknologi cermin AR ini tentu menjadi angin segar bagi berbagai produk dan pelayanan kecantikan di seluruh dunia, mengingat berbagai keraguan terkadang muncul ketika hendak membeli produk kecantikan, atau mengubah penampilan. Seperti, “pengen nyobain merek ini, tapi cocok apa gak ya”, atau “kalo ganti warna ini pantes gak ya buat wajah dan style paforitku”, atau “pengen potong rambut model gini terus gantu warnanya jadi pink pantes gak ya”, dan sebagainya. Karena dengan teknologi cermin AR, pelanggan bisa mencoba terlebih dahulu secara virtual sebelum membeli atau melakukan sesuatu terhadap penampilannya, dengan begitu keraguan dan ketakutan mereka akan menghilang, mulai yakin dengan keputusan yang akan diambil, dan kemudian terjadi transaksi. Karena menghilangkan ketakutan, kekhawatiran serta keraguan pelanggan, merupakan salah satu teknik marketing yang powerfull. Contoh lainnya seperti jaminan uang kembali apabila produk tidak sesuai dengan expektasi, merupakan salah satu teknik untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan pelanggan kan?

cermin ar kecantikan

Cermin AR ini dapat mengambil video 360 derajat, dimana pelanggan dapat melihat setiap sudut rambutnya, dan juga bisa dibagikan ke social media. Klien juga dapat menjawab survei tentang tingkat kepuasan pelanggan dan memasukan alamat email mereka masing-masing, dimana ini dapat membantu salon untuk tetap bisa terhubung dengan para pelanggan yang pernah datang, untuk kemudian bisa di kirimi info terbaru seputar salon, info diskon-diskon yang diberikan, campaign yang di lakukan, dan sebagainya, sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang kembali lagi, lagi dan lagi. Pelanggan juga dapat mengakses platform untuk terhubung dengan stylist mereka, mendapatkan rekomendasi produk, tips dan tren yang dipersonalisasi, dan menjadwalkan kunjungan berikutnya.

Selengkapnya