Augmented reality ternyata bisa di integrasi ke market retail saat ini. kita sering belanja di mini market, dan harga yang ditempel sering tidak sesuai dengan di sistem kasir. Dengan berbagai alasan kasir mini market akan ngeles dengan belum ter-update harganya, belum diganti harga atau-pun alasan – alasan yang kurang kita senangi. Untuk itu, AR disini sangat membantu bagi pengusaha retail untuk lebih mengikuti perkembangan teknologi yang memudahkan pelanggan-nya dalam mengecek harga maupun stok barang yang ada. Memang biaya yang dikeluarkan tidak sedikit untuk investasi jangka panjang di teknologi augmented reality ini, tetapi dengan terintegrasinya sistem perusahaan dengan AR yang dikembangkan, akan memudahkan kita dalam track barang, stok barang di toko, maupun harga.

Untuk lebih detailnya, penggunaan augmented reality juga bisa dibagi menjadi dua sistem, yaitu sistem untuk pelanggan, dan sistem untuk admin, dimana admin bisa mengontrol semua kegiatan operasional di toko dalam hal, cek stok, update harga, maupun stok yang sudah habis alias perlu di restok ulang. bayangkan setiap pelanggan yang menginstalasi apps yang sudah dilengkapi fitur AR toko retail anda, mereka hanya perlu mengarahkan ke objek barang yang mereka ingin tahu harga dan kuantitas di toko anda, tanpa harus menanyakan ke kasir. mudah bukan? terlepas dari itu, konten bisa di custom juga, misalnya adanya promosi di toko anda, secara otomatis akan di munculkan di info apps yang sudah dipasang oleh pelanggan.

Pelayanan lebih praktis dan efisien bagi kasir dan pegawai toko setelah AR digunakan di retail. Bagaimana menurut anda, apakah Augmented reality sangat membantu meringankan pekerjaan anda?